Comments

Senin, 21 November 2016

Sistem Koordinasi > Alat Indera > LIDAH



a.    Lidah
1.      Peka terhadap rangsangan zat kimia (Kemoreseptor) yang berupa cairan
2.      Reseptornya berada di papilla
3.      Fungsinya adalah sebagai alat pengecap, alat berbicara, pengatur letak makanan saat dikunyah, membantu menelan, dan membantu merasakan berbagai rasa.
4.      Bagian kepekaan rasa :
-          Ujung lidah mengecap rasa manis
-          Pangkal lidah mengecap rasa pahit
-          Samping kanan kiri atas mengecap rasa asin
-          Samping kanan kiri bawah mengecap rasa asam
5.      Bagian – bagian lidah :
 
 
Keterangan :
a)    Lidah Bagian Atas Atau Permukaan Superior, bagian atas lidah ini memiliki bentuk seperti huruf V, huruf V pada lidah disebut dengan sulkus terminal. Bagian ini akan membagi lidah dengan bagian permukaan anterior dan juga permukaan posterior.
b)   Akar Lidah, letaknya di antara tulang hyoid dan juga di bagian rahang bawah lidah. Punggung pada bagian akar memiliki posisi duduk di bagian orofaring. Akar lidah berfungsi sebagai penggerak lidah sebab tanpa akar, lidah tidak bisa bergerak ke sana dan kemari.
c)    Tubuh Lidah, adalah bagian besar lidah dua pertiganya. Di dalam tubuh lidah akan ada permukaan kasar dengan nama papilla lingual. Tubuh lidah akan dikelilingi oleh gigi lateral dan permukaan anterior. Papila di bagian tubuh lidah memiliki fungsi sebagai pembantu pengidentifikasian rasa yang berbeda dari makanan. Papila yang ada di bagian tubuh lidah ini memiliki 4 jenis utama, yaitu adalah sebagai berikut ini:
-          Papila filiform – Papila ini memiliki bentuk kerucut dan paling banyak dijumpai di lidah. Letak papilla ini diatur di dalam barisan yang teratur dan bisa berjalan dengan sejajar.
-          Papila poliate –  Ciri dari papilla ini berkerumun dan menjadi dua kelompok. Papila ini ada di setiap sisi lidah.
-          Papila fungiform – Papila ini memiliki keterlibatan dengan sensasi rasa makanan dan minuman, papilla tersebut juga memiliki selera yang tertancap di setiap permukaan mereka. Rasa yang ditanggapi oleh bagian papilla ini adalah rasa asam maupun rasa manis.
-          Papila sirkumvalata – Papila ini akan terdapat pada bagian lidah manusia, manusia akan memiliki papilla sirkumvalata sebanyak 7 sampai dengan 12. Pada masing-masing papilla sirkumvalata terdapat beberapa ribu selera rasa. Bentuk dari papilla sirkumvalata ini adalah bulat, terangkat dan bisa dilihat dengan mata telanjang. Papila ini diatur dalam bentuk V di bagian belakang lidah.
d)   Tonsil Atau Amandel, tonjolan di sebelah kanan dan kiri rongga mulut. Itulah yang disebut dengan amandel. Amandel bisa membesar seiring berjalannya waktu. Jika amandel terus membesar akibatnya adalah manuisa akan kesulitan dalam menelan makanan. Fungsi utama amandel itu adalah sebagai benteng pertama dalam pertahanan tubuh manusia, sehingga amandel itu berhubungan langsung dengan sistem kekebalan tubuh manusia.
e)    Adenoid merupakan bagian dari lidah yang memiliki fungsi untuk memerangi infeksi, sehingga jika ada kuman dan bakteri dicap oleh lidah, adenoid inilah yang bertugas untuk memerangi kuman dan bakteri tersebut.
f)    Kuncup lidah merupakan struktur yang ada di bagian permukaan lidah. Tugas kuncup lidah adalah sebagai pencipta resep untuk rasa. Di dalam kuncup lidah ada 300 selera terutama pada lidah orang dewasa. Kuncup lidah bisa mengecap rasa manis, asam, pahit dan asin.
g)   Frenulum merupakan bagian lidah yang berbentuk berupa lapisan tipis jaringan yang berguna untuk penghubung antara lidah dengan dasar mulut.
h)   Otot Lidah bagian lidah yang tidak kalah penting adalah bagian otot lidah. Tanpa otot, lidah tidak bisa digerakkan. Lidah merupakan massa yang terdiri dari beberapa otot dan otot satu dengan otot lainnya yang ada di dalam lidah saling terhubung atau saling berhubungan. Otot di dalam lidah terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok lidah intrinsik dan juga kelompok lidah ekstrinsik. Berikut ini adalah fungsi dari otot lidah tersebut :
-          Otot intrinsik  memiliki fungsi dalam penguabahn bentuk lidah dalam sementara.
-          Otot ekstrinsik ini di dalam lidah memiliki fungsi berupa pengubahan posisi lidah misalnya saja dari posisi menjulur menjadi posisi terlipat.

0 komentar:

Posting Komentar